Senin, 27 April 2015

Cara Menginstal Linux Ubuntu dengan Menggunakan VirtualBox di Windows 7

1. Buka aplikasi Oracle VM VirtualBox 4.3.0 kemudian klik New.
Welcome to Virtualbox

2. Tuliskan nama mesin virtual yang baru sesuai selera Anda :-) di kolom Name. Dikolom Type, pilih Linux dan dikolom Version, pilih Ubuntu. Lalu klik Next.
Create New Virtual Machine

3. Atur ukuran memori RAM yang akan dipakai untuk Linux Ubuntu nanti (saya sarankan diatur lebih dari 512 MB, karena jika tepat 512 MB, dijamin program akan berjalan lambat). Jika sudah klik Next.
Setting Memory Size

4.  Pada jendela ini muncul 3 pilihan. Pilih “Create a virtual hard drive now” lalu klikCreate.

Create a virtual hard drive now

5. Pilih jenis hard drive yang akan digunakan untuk dijadikan virtual hard drive. Saya sarankan pilih VDI (VirtualBox Disk Image), lalu klik Next.

pilih VDI (VirtualBox Disk Image)

6.  Pada bagian ini ada 2 pilihan, Dynamically allocated itu misalkan hard disk virtual yang digunakan Ubuntu 8 GB, dan anda mendownload file 9 GB melalui Ubuntu, nanti otomatis hard disk virtualnya bertambah besar, Fixed Size itu misalkan hard disk virtual yang digunakan Ubuntu 8 GB, dan anda mendownload file 9 GB melalui Ubuntu, otomatis tidak bisa karena hardisk anda tidak mencukupi file yg anda download tadi. Jadi saya sarankan untuk pilih Dynamically allocated. Lalu klik Next.

pilih Dynamically allocated

7. Silahkan pilih lokasi penyimpanan untuk virtual hard drive. Untuk ukuran biarkan default yaitu 8,00 GB. Lalu klik Create dan tunggu beberapa saat 
pilih lokasi penyimpanan dan ukuran memori

8. Jika muncul tampilan seperti dibawah ini, berarti Anda telah selesai dalam membuat virtual hard drive baru.
New virtual machine created

Tidak ada komentar:

Posting Komentar