Sabtu, 21 Juni 2014

Sensor Proximity

Sensor proximity adalah sensor atau sakalar yang dapat mendeteksi adanya target jenis logam dengan tanpa adanya kontak fisik. Biasanya sensor ini terdiri dari alat elektronis solid state yang terbungkus rapat untuk melindungi dari pengaruh getaran, cairan, kimiawi, dan korosif yang berlebihan. Sensor proximity dapat diaplikasikan pada objek yang dianggap terlalu kecil atau lunak untuk menggerakkan suatu mekanis saklar.
Prinsip Kerja : Prinsip kerja sensor proximity adalah memanfaatkan sifat cahaya yang akan dipantulkan jika mengenai benda berwarna terang dan akan diserap jika mengenai benda berwarna gelap. Sebagai sumber cahaya kita gunakan LED (Light Emiting Diode) yang akan memancarkan cahaya merah. Dan untuk menangkap pantulan cahaya LED, kita gunakan photodiode. Jika sensor berada diatas garis hitam maka photodioda akan menerima sedikit sekali cahaya pantulan. Tetapi jika sensor berada diatas garis putih maka photodioda akan menerima banyak cahaya pantulan. Berikut adalah ilustrasinya :
Sifat dari photodioda adalah jika semakin banyak cahaya yang diterima, maka nilai resistansi diodanya semakin kecil. Dengan melakukan sedikit modifikasi, maka besaran resistansi tersebut dapat diubah menjadi tegangan. Sehingga jika sensor berada diatas garis hitam, maka tegangan keluaran sensor akan kecil, demikian pula sebaliknya.

  Aplikasi sensor proximity : 1. Untuk mendeteksi ada atau tidaknya suatu garis pembimbing gerak robot ( Line Follower Robot / Line TracerRobot ) 2. untuk mendeteksi penghalang berupa dinding atau penghalang lain pada Robot 3. Metal Detector security 4. Sensor pada parkiran mobil

  Ide pengembangan : Di pasang pada alat-alat elektronik yang mudah dicuri,seperti TV. Seperti layaknya robot line follower dia tidak akan bergerak jika tidak ada garis. Apabila sensor ini tidak pada jalurnya maka atau di ambil dari jalur yang ada maka alarm yang di pasang akan berbunyi.

  reverensi: http://kuliah.andifajar.com/sensor-proximity/ http://teguhpati.blogspot.com/2013/01/jenis-jenis-sensor-bagian-i.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar